Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Wadan Lantamal V Ikuti Pembukaan Latihan Armada Jaya XLI Tahun 2023

Surabaya, BeritaJatim.Net – Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadan Lantamal) V Kolonel Marinir Baedhowi Oktafidia mewakili Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono mengikuti pembukaan Latihan Armada Jaya XLI TA 2023 yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, di Auditorium Gedung Sudomo Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Senin (12/06/2023).

Dalam acara pembukaan ini, Kasal didampingi Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono, Asintel Kasal dan Asops Kasal.

Latihan puncak TNI AL ini mengangkat tema “Kogab TNI Melaksanakan Opslagab, Opsfib, Opsratmin, Dan Opshantai, Dengan Didukung Opsduk Intelijen, Opsduk Informasi Dan Opsduk Passus Di Mandala Operasi Wilayah Indonesia Barat Bagian Utara, Wilayah Indonesia Tengah Bagian Selatan Dan Wilayah Indonesia Timur Bagian Utara Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Dalam sambutannya, Kasal mengingatkan kepada seluruh peserta bahwa Latihan Armada Jaya bukan hanya sekedar rutinitas tahunan belaka, melainkan ajang untuk berlatih dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit jalasena, pengawal lautan Nusantara. “Gunakan kesempatan latihan ini dengan semaksimal mungkin sebagai sarana untuk meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut yang unggul dan tangguh,” tegas Kasal.

Tni
Wadan Lantamal V Ikuti Pembukaan Latihan Armada Jaya XLI Tahun 2023

Latihan yang akan dilaksanakan yaitu Geladi Posko dan Manuver lapangan. Gladi Posko akan berlangsung mulai tanggal 12 – 20 Juni 2023 yang terpusat di Kodiklatal, sedangkan kegiatan Manuver Lapangan mulai tanggal 23 Juni – 2 Juli 2023 berlangsung di tiga wilayah, yaitu Barat, Tengah dan Timur.

Wilayah Barat meliputi Pangkalan Jakarta, Laut Jawa, Selat Gelasa Laut Natuna Selatan, Daerah Latihan Dabo Singkep, wilayah Tengah meliputi Pangkalan Surabaya, APBS Laut Jawa, Laut Bali, Daerah Latihan, Asembagus, dan wilayah Timur meliputi Pangkalan Sorong, Laut Teluk Halmahera, Perairan Morotai, Pulau Morotai.

Geladi Posko akan diikuti oleh 1916 personel dari Koarmada RI, Koarmada I, Koarmada II, Pushidrosal, Lantamal IV/Batam, Kolinlamil, Guspurla Koarmada I, Pasmar 2, Puskopaska, Lantamal XIV/Sorong, Disinfolahtal, dan Dispamsanal. Sementara itu Manuver Lapangan diikuti oleh 5,900 personel.

Latihan Armada Jaya dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur pimpinan – staf komando gabungan TNI dan komando tugas gabungan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada pelaksanaan operasi gabungan TNI, meningkatkan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut dan kesiapan operasional serta keterpaduan komponen SSAT, dan menguji doktrin operasi gabungan TNI. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *