Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Jelang Latihan Terbesar TNI AL, Kodiklatal Tuan Rumah Geladi Posko Latihan Armada Jaya XLI TA.2023

Surabaya, BeritaJatim.Net – Menjelang latihan terbesar TNI Angkatan Laut (TNI AL), Komando Pembinaan Doktrin dan Pendidikan TNI AL (Kodiklatal) dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Geladi Posko Latihan Armada Jaya XLI TA 2023 yang resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, bertempat di Auditorium Gedung Sudomo Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin (12/06/2023).

Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono selaku Direktur Latihan (Dirlat) Armada Jaya XLI TA 2023 turut mendampingi Kasal dalam acara pembukaan yang juga ikut dihadiri oleh para Pimpinan Komando Utama TNI AL, Pejabat Utama Mabesal, dan Para Pelaku , Pengawas, Penilai serta pengendali Latihan Armada Jaya XLI TA 2023.

Kegiatan yang mengangkat tema “Kogab TNI Melaksanakan Opslagab, Opsfib, Opsratmin, dan Opshantai, dengan Didukung Opsduk Intelijen, Opsduk Informasi dan Opsduk Passus di Mandala Operasi Wilayah Indonesia Barat Bagian Utara, Wilayah Indonesia Tengah Bagian Selatan dan Wilayah Indonesia Timur Bagian Utara Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI” ini, dibuka dengan Geladi Posko di Kodiklatal mulai tanggal 12 – 20 Juni 2023 dengan melibatkan 1.916 Personel dari Kotama TNI AL, sedangkan kegiatan Manuver Lapangan mulai tanggal 23 Juni – 2 Juli 2023 diikuti oleh 5.900 personel.

Dalam amanatnya, Kasal menyampaikan kepada peserta latihan bahwa Latihan Armada Jaya merupakan latihan puncak tahunan yang melibatkan seluruh komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI Angkatan Laut. Latihan ini merupakan bagian penting dari upaya integral dalam pembinaan kekuatan dan pengembangan kemampuan seluruh komponen kekuatan TNI Angkatan Laut. Salah satu tujuan latihan ini adalah untuk menguji keterpaduan komponen SSAT dalam pelaksanaan Operasi Militer untuk Perang yang menjadi salah satu Core Bussiness TNI Angkatan Laut sebagai alat pertahanan negara di laut.

Tni
Jelang Latihan Terbesar TNI AL, Kodiklatal Tuan Rumah Geladi Posko Latihan Armada Jaya XLI TA.2023

Sementara itu saat jumpa Pers dengan awak media Kasal mengatakan bahwa, latihan ini akan berlokasi di Laut Jawa kemudian di Selat Sapudi, Perairan Bali sampai dengan Perairan Asembagus Jawa Timur. Persiapan sudah dilaksanakan dan dalam waktu dekat, kegiatan ini akan di gelar, dimulai dengan Gladi Posko setelah itu ada Manuver Lapangan. Kegiatan Manlap kali ini difokuskan pada penembakan senjata khusus TNI AL.

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali juga berpesan kepada Para Prajurit agar menggunakan kesempatan latihan ini dengan semaksimal mungkin sebagai sarana untuk meningkatkan profesionalisme Prajurit Matra Laut yang unggul dan tangguh. “Melalui pelaksanaan latihan ini kita dapat mengukur kesiapan tempur serta kesiapan operasi prajurit maupun alutsista, sekaligus menguji dan menyempurnakan strategi, taktik peperangan maupun doktrin yang kita miliki,” ungkap Pimpinan TNI AL tersebut.

Dalam Latihan Armada Jaya ke 41 ini, Kasal menyampaikan beberapa penekanan yaitu, kembangkan kegiatan latihan secara optimal dengan memanfaatkan inovasi, kreativitas dan sinergitas dengan satuan terkait sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis sehingga tujuan dan sasaran latihan dapat dicapai. Serta pedomani prosedur dan mekanisme latihan dengan baik. Selain itu, laksanakan mitigasi dan manajemen resiko secara cermat dengan mengutamakan keselamatan personel dan material untuk mencapai zero accident dengan tidak mengurangi esensi latihan. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *