Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Ning Sasha Mendorong Lima Imunisasi Dasar Lengkap Untuk Cegah AKI dan AKB

Sidoarjo, BeritaJatim.Net – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo  Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor, S.Hum atau yang akrab disapa Ning Sasha meminta kader PKK dapat menyosialisasikan tentang pentingnya imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak kepada para orang tua. Menurut Ning Sasha sosialisasi seperti ini penting agar anak-anak terhindar dari berbagai penyakit.

“Dengan imunisasi kita akan melindungi buah hati kita dari berbagai macam penyakit, seperti difteri, polio, campak, tuberkulosis, sehingga anak bisa tumbuh sehat dan dapat tumbuh dengan maksimal,” kata Ning Sasha saat membuka kegiatan sosialisasi pentingnya membudidayakan Lima Imunisasi dasar Lengkap (LIL) untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Balai Desa Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kamis (8/6).

Sosialisasi tersebut diikuti para para kader Posyandu dan kader TP. PKK Desa Tulangan dan Desa Janti Kecamatan Tulangan. Dalam sosialisasi tersebut TP. PKK Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sidoarjo.

Dalam kesempatan itu Ning Sasha meminta peran aktif kader PKK dalam menurunkan AKI dan AKB. Melalui perannya, kader PKK diharapkan dapat aktif menyosialisasikan pentingnya imunisasi kepada para orang tua yang ada di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

“Melalui peran aktif kader PKK, saya mengharapkan dapat menggerakkan orang tua yang memiliki balita untuk membawa anak-anak mereka ke tempat pelayanan kesehatan terdekat guna mendapatkan imunisasi dasar lengkap,”ujar.

Ning Sasha menyebut pemberian imunisasi dasar lengkap pada balita sebagai kewajiban. Pasalnya balita memiliki imunitas tubuh yang belum kuat. Ia mengaku prihatin jika saat ini masih banyak orang tua mengabaikan pentingnya imunisasi dasar lengkap terhadap anak-anak mereka.

Pemerintahan
Ning Sasha Mendorong Lima Imunisasi Dasar Lengkap Untuk Cegah AKI dan AKB

“Saat ini di Indonesia masih ada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi secara lengkap bahkan tidak pernah mendapatkan imunisasi sedari lahir, hal itu menyebabkan mereka mudah tertular penyakit berbahaya karena tidak adanya kekebalan terhadap penyakit tersebut,”ujarnya.

Menurut Ning Sasha salah satu penyebab meningkatnya kasus AKI dan AKB adalah abai terhadap imunisasi. Oleh karenanya dibutuhkan kerja keras bersama untuk meyakinkan setiap orang tua bahwa imunisasi dasar lengkap itu dapat mencegah anak-anak dari berbagai penyakit.

“Imunisasi rutin merupakan program pemerintah yang berarti masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan vaksin-vaksin dasar tersebut,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengajak kader PKK untuk tetap semangat dan kreatif dalam mengampanyekan program imunisasi seperti ini. Ia meminta anggotanya untuk tidak lelah mengedukasi ibu-ibu yang memiliki anak kecil agar membawa buah hatinya ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan imunisasi.

“Saya mengajak semua pihak dari tingkat kabupaten hingga desa dan kelurahan untuk mengedukasi ibu-ibu yang memiliki anak kecil agar membawa anak-anak mereka ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan imunisasi dan tidak mudah terpengaruh isu-isu negatif yang tidak tepat mengenai imunisasi,”pungkasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi pagi tadi dihadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Sidoarjo serta RSUD Sidoarjo Barat dan Pengurus Pokja IV TP. PKK Sidoarjo. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *