TNI  

Dankodiklatal Dampingi Kasal Resmikan Sarpras Satdik 1,2,3 dan Sky Diving Simulator 01

Tni
Dankodiklatal Dampingi Kasal Resmikan Sarpras Satdik 1,2,3 dan Sky Diving Simulator 01

Surabaya, BeritaJatim.Net – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Satuan Pendidikan (Satdik) 1, 2 dan 3 dan Sky Diving Simulator 01 yang berada dibawah Kodiklatal. Kegiatan peresmian tersebut terpusat di Satdik 2 Makassar. Kamis, (08/06/2023).

Mengawali sambutannya, Kasal mengutip ucapan populer dari seorang tokoh dunia yang berasal dari Afrika Selatan yaitu Nelson Mandela, ”Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh yang dapat kita gunakan untuk mengubah dunia.” Senada dengan ucapan tersebut, menurut Kasal semua tentu sepakat bahwa pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Laksamana TNI Muhammad Ali lantas mengungkapkan jika keberhasilan pendidikan tentunya tidak terlepas dari kualitas pendidikan yang baik, serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Karenanya TNI AL telah menyelesaikan proses pembangunan gedung Satuan Pendidikan (Satdik) 1, 2 dan 3 Kodiklatal serta pembangunan Sky Diving Simulator 01. Pembangunan fasilitas pendidikan dan latihan ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan, agar proses pendidikan dapat terlaksana dengan baik.

 

Tni
Dankodiklatal Dampingi Kasal Resmikan Sarpras Satdik 1,2,3 dan Sky Diving Simulator 01

“Hari ini tentunya merupakan momen yang bersejarah bagi Lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut. Secara bersamaan saya telah meresmikan pembangunan Gedung Satdik 1 di Tanjung Uban, Satdik 2 di Makassar dan Satdik 3 di Sorong. Terlaksanakanya peresmian ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi para calon prajurit TNI Angkatan Laut yang berasal dari seluruh penjuru nusantara. Pembangunan satdik di ketiga wilayah tersebut, kita laksanakan untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan SDM TNI Angkatan Laut yang merata dan lebih baik,” ungkap Kasal.

Sarpras Satdik 1,2 dan 3 yang diresmikan oleh Kasal bersama Dankodiklatal Letjen TNI Mar Suhartono, didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Aslog Kasal Laksda TNI Agus Santoso, dan Kadisfaslanal Laksma TNI Eko Sunarjanto meliputi Gedung Mako, Barak Siswa Bintara, Tamtama dan Barak Kowal termasuk Bangunan Utama dan Kamar Mandi, Gedung Kelas, Dapur, serta Instalasi Air yang didukung Sarpras lainnya seperti Jalan, Lapangan Apel, dan Lapangan Samapta.

Kasal juga menjelaskan terkait peresmian Sky Diving Simulator 01 yang berlokasi di Juanda Sidoarjo tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kecakapan prajurit dalam hal kemampuan terjun payung. Selain itu dengan adanya Sky Diving Simulator diharapkan dapat memberikan pelatihan simulasi terjun payung yang lebih realistis dan aman, sehingga dapat mengasah keterampilan, melatih teknik peterjun serta meningkatkan kepercayaan diri prajurit sebelum melakukan terjun payung yang sebenarnya dalam penugasan.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *