Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Cegah DBD, Babinsa Kandangan Lakukan Pendampingan Fogging di Wilayah

Surabaya, BeritaJatim.Net – Guna mengantisipasi timbulnya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) pada masa peralihan musim, Babinsa Kelurahan Kandangan Koramil 0830/06 Benowo Serka Shokip dan Serda Beni bersama Kader Surabaya Hebat (KSH) melaksanakan pendampingan kegiatan Fogging oleh petugas Puskesmas Sememi di wilayah RT 02 RW 08 Kelurahan Kandangan Kecamatan Benowo, Rabu (07/06/2023).

Fogging atau pengasapan dilakukan sebagai salah satu metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, dengan menggunakan mesin yang mengeluarkan asap berisi insektisida. Insektisida ini yang kemudian akan membunuh nyamuk dewasa penyebab utama penyakit DBD.

Kegiatan Fogging yang dimotori petugas Puskesmas dibantu Babinsa dan petugas kelurahan tersebut dilakukan dengan menyisir rumah-rumah warga, khususnya dilingkungan yang memiliki genangan air atau berpotensi berkembangnya jentik nyamuk Aedes aegypti.

Serka Shokib menuturkan, kegiatan fogging ini dilakukan sebagai sarana pencegahan terhadap penyebaran penyakit demam berdarah. Selain mendampingi penyemprotan fogging, Babinsa juga melakukan himbauan supaya warga lebih peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Untuk memutus perkembangan nyamuk Aedes aegypti tidak cukup hanya dengan Fogging saja, tetapi juga dengan bantuan warga sekitar dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur barang-barang yang dapat menampung air. Lingkungan bersih wargapun sehat,” pungkasnya. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *