Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Jelang Qurban, Babinsa Ingatkan Jaga Kebersihan untuk Kesehatan pada Peternak Binaan

Gresik, BeritaJatim.Net – Memberikan himbauan pada peternak binaan agar selalu menjaga kebersihan kandang untuk kesehatan hewan ternak dilakukan oleh Serda Sugiarjo Babinsa Koramil 0817/12 Sidayu saat mengunjungi peternakan sapi dan kambing milik Bapak Misran dan Bapak Dulkanan yang berada di Desa Sukorejo Kec. Sidayu wilayah binaan, Selasa(6/6/2023).

Mendekati hari raya Qurban permintaan hewan ternak sapi maupun kambing akan mulai meningkat. Momen ini sangatlah menguntungkan bagi peternak karena akan mendapatkan keuntungan dengan hasil penjualan hewan ternaknya.

Namun adanya virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang dapat menyerang hewan ternak sehingga bisa menimbulkan kematian pada hewan ternak, hal ini apabila terjadi akan sangat merugikan peternak.

Untuk menanggapi hal tersebut, Babinsa Serda Sugiarjo melaksanakan patroli maupun anjangsana di wilayah binaan guna memberikan himbauan kepada peternak untuk mengantisipasi kerugian yang akan dialami apabila hewan ternak mudah terserang penyakit.

“Menjaga kebersihan kandang maupun lingkungan sekitar sangatlah penting bagi kesehatan hewan ternak maupun yang disekitarnya. Disamping itu menjaga makanannya dengan gizi yang cukup serta pemberian vaksin pada hewan juga perlu diperhatikan guna kekebalan imun pada hewan ternak.”ungkap Babinsa.

“Apabila kebersihan terjaga dan itu dilakukan, dapat dipastikan hewan ternak akan sehat dan terbebas dari penyakit.”tambahnya.

Di lokasi yang sama, Bapak Misran salah satu pemilik hewan ternak sapi mengucapkan terimakasih kepada pak Babinsa yang selalu aktif anjangsana ke wilayah memberikan himbauan.

“Alhamdulillah kami diingatkan pak Babinsa dalam menjaga kesehatan hewan ternak. Sangatlah bermanfaat apalagi hewan ternak sapi kami disiapkan untuk dijual pada hari raya Qurban.”pungkasnya. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *