TNI  

Dankodiklatal Saksikan Kemeriahan Pembukaan MNEK 2023 di Makassar

Makasar, BeritaJatim.Net – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono menyaksikan kemeriahan Pembukaan Latihan Bertaraf Internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dengan mengusung Tema “Partnership To Recover And To Rise Stronger”, bertempat di Dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta Kota Makassar. Senin, (05/06/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari mulai tanggal 5 – 8 Juni 2023 ini dihadiri oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, dan Para Tamu Kehormatan dari 36 Negara, di antaranya Amerika Serikat, Australia, Brazil, Brunei Darussalam, Bangladesh, Kamboja, Kanada, China, Chili, Fiji, India, Inggris, Jepang, Kenya, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, dan Belanda, serta Pejabat TNI-Polri dan Undangan lainnya.

Dalam laporannya dihadapan Panglima TNI, Kasal menyampaikan bahwa latihan ini merupakan Latihan Angkatan Laut selain tempur berskala Internasional yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut setiap dua tahun. Diawali pada tahun 2014 yang dilaksanakan di Batam dan Kepulauan Natuna, seri kedua pada Tahun 2016 di Padang, dan ketiga pada Tahun 2018 di Lombok. Setelah tertunda tiga tahun karena pandemi Covid-19, pada tahun ini kembali digelar untuk seri ke-empat di Makassar.

Tni
Dankodiklatal Saksikan Kemeriahan Pembukaan MNEK 2023 di Makassar

“TNI Angkatan Laut akan memanfaatkan event ini untuk meningkatkan kerjasama Maritim di Kawasan Regional dan menginisiasi upaya kolektif untuk mendukung pemulihan pasca pandemi global dan membangun kekuatan yang lebih optimal guna menghadapi berbagai tantangan masa depan. Selain itu, keikutsertaan perwakilan Angkatan Laut negara-negara sahabat menunjukkan arti penting kegiatan ini dalam agenda Internasional yang dapat memberikan kontribusi positif bagi tercapainya stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan,” ungkap Laksamana TNI Muhammad Ali.

Lanjut Kasal, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Instansi terkait, adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam MNEK 2023 meliputi Latihanhan Angkatan Laut (Naval Exercise) dan Kegiatan Sosial (Civic Mission). Dimana kegiatan tersebut terbagi menjadi dua fase, yaitu Fase Darat dan Fase Moanuver di laut. Di samping itu, akan dilaksanakan beberapa kegiatan Interaktif dan Hiburan yang bertujuan untuk memperkenalkan kearifan lokal kota Makassar kepada peserta Manca Negara. @red

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *