Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLIII Satdik-1 Tanjung Uban Latihan Ketangkasan Halang Rintang

Surabaya, BeritaJatim.Net – Dalam upaya melatih ketangkasan siswa, Satuan Pendidikan atau Satdik-1 Kodiklatal yang berada di Tanjung Uban mengadakan Latihan Praktek Halang Rintang bagi siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan 43 Tahun 2023, yang dilaksanakan di Lapangan Hang Tuah Mako Satdik-1 Tanjung Uban.

Latihan praktek yang berlangsung pada Jumat (19/5/2023) lalu ini diikuti 150 orang siswa Dikmaba, dan 100 orang siswa Dikmata. Pelaksanaan kegiatan ini dibawah koordinator tim Binjas Satdik-1 yang dipimpin oleh Letda Laut (KH) Slamet Heru.

Menurut Heru-sapaan karibnya, Latihan ketangkasan Halang Rintang merupakan salah satu materi kemiliteran yang harus diterima dan mampu dilewati oleh setiap Siswa pada tahap dasar kepr ajuritan (Sarrit), yang bertujuan melatih kemampuan fisik dan ketangkasan serta kekompakan dalam melewati setiap rintangan.

Tni
Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLIII Satdik-1 Tanjung Uban Latihan Ketangkasan Halang Rintang

“Agar pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar Siswa melaksanakan pemanasan terlebih dahulu, karena pada setiap rintangan yang akan dilewati siswa memiliki resiko yang tidak ringan dan Siswa harus dipastikan mengikuti seluruh intruksi yang diberikan oleh pelatih di lapangan,” ujar Heru.

Selanjutnya Heru menerangkan pada tahap pertama lattek Siswa diberikan penjelasan tentang rintangan-rintangan yang nantinya bermanfaat pada medan penugasan, serta diberikan contoh langsung dari pelatih dalam melewati setiap rintangan. Kemudian Siswa melaksanakan pengenalan dan mencoba setiap rintahan serta ditahap akhir Siswa melewati seluruh rintahan dari awal hingga akhiir dengan dipantau oleh tim pelatih Satdik-1. Kegiatan dapat berjalan dengan lancar seluruh Siswa dapat melatih ketangkasan dan bekerjasama dalam melewati seluruh rintangan.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *