Surabaya, BeritaJatim.Net – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, memimpin paparan rencana tiga kegiatan Latihan Praktek (Lattek) siswa Kodiklatal. Paparan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Komandan Kodiklatal di Bumimoro Surabaya, Senin (22/5/2023).

Ketiga rencana Lattek tersebut adalah Lattek Demolisi Siswa Dikmaba XLII/2 Kejuruan SBA dan siswa Dikmata XLII/2 Kejuruan RJD dan TRB, kemudian Lattek Menembak Artileri siswa Dikmaba XLII/2 Kejuruan SAA, serta siswa Dikmata XLII/2 Kejuruan RDL, Mer dan AMO, dan Lattek Kepaskaan Siswa Dikkopaska TNI AL Angkatan XLVI TA 2022.

Turut hadir dalam paparan tersebut yakni Wadan kodiklatal Laksma TNI Supardi, Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Mar Ichwan Dargianto, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula para Paban di bawah Ditdik, Ditjianbang dan Ditum.

Paparan pertama Lattek Demolisi Siswa Dikmaba XLII/2 Kejuruan SBA dan siswa Dikmata XLII/2 Kejuruan RJD dan TRB disampaikan oleh Komandan Sekolah Senjata Bawah Air (Dansesenbar) Letkol Laut (P) Aris Dianto, yang menyebutkan bahwa lattek akan dilaksanakan pada pertengahan Juni 2023 di daerah Paiton Probolinggo dengan peserta sebanyak 29 orang utk Dikmaba, dan 34 orang untuk Dikmata.

Tni
Komandan Kodiklatal Pimpin Paparan Rencana Kegiatan Tiga Lattek Siswa

Berikutnya Paparan kedua Lattek Menembak Artileri siswa Dikmaba XLII/2 Kejuruan SAA, serta siswa Dikmata XLII/2 Kejuruan RDL, Mer dan AMO oleh Komandan Sekolah Artileri (Danseart) Letkol Laut (P) Agus Sulistyo Budi yang menyampaikan bahwa tujuan dari lattek ini adalah membekali siswa Dikmaba SAA dan Dikmata Korps RDL, Mer, dan AMO agar memiliki keterampilan tentang pengoperasian jenis-jenis senjata atas air beserta amonisi, sehingga mampu mengaplikasikan dalam kedinasan TNI AL sebagai operator senjata atas air di KRI. Lattek akan diikuti sebanyak 29 orang siswa Dikmaba dan 62 orang siswa Dikmata.

Sedangkan paparan ketiga yakni Lattek Kepaskaan disampaikan oleh Komandan Sekolah Kopaska Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha. Lattek Kepaskaan bertujuan membentuk prajurit Kopaska yang profesional yang terdiri dari Tahap Penyelaman, Demolisi, Intelijen dan Peperangan Laut Khusus guna menunjang kegiatan operasi khusus TNI AL.

Menanggapi rencana tiga lattek tersebut, Dankodiklatal menyampaikan agar latihan tersebut dilaksanakan dengan sungguh -sungguh dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dalam latihan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan baik personel dan material selama dalam pelaksanaan latihan

Di sisi lain kegiatan paparan rencana kegiatan Lattek siswa Kodiklatal ini, merupakan tindak lanjut dari perintah Dankodiklatal, yang selaras dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu Tingkatkan kesiapan operasional baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (Capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here