Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Danlantamal V Turut Serta Dalam Acara Shipnaming KRI Kapak-625 dan KRI Panah-626

Surabaya, BeritaJatim.Net – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Supardi didampingi Ketua Korcab V DJA II Ny. Prima Supardi turut serta dalam acara Shipnaming KRI Kapak-625 dan KRI Panah-626 dan pengukuhan Komandan KRI Kapak-625 kepada Letkol Laut (P) Rahmad Arif dan KRI Panah-626 kepada Letkol laut (P) Irianto Kurniawan, dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Dermaga Divisi kapal PT PAL Indonesia Ujung, Surabaya. Rabu (17/05/2023).

KRI Kapak 625 dan KRI Panah 626 merupakan Kapal Cepat Rudal (KCR) ke lima dan ke enam buatan PT. PAL Indonesi yang memiliki panjang 60 meter, lebar 8.10 meter, dengan berat 500 ton, dengan memiliki kecepatan maksimal 28 Knot, dan kecepatan jelajah 20 Knot serta mampu berlayar dengan endurance selama empat sampai lima hari. Dua KRI tersebut akan bergabung dibawah jajaran Koarmada III yang merupakan Satuan Kapal Cepat (Satkat) dengan alutsista baru buatan anak bangsa. Adapun nama yang disematkan pada kedua kapal perang tersebut diambil dari nama senjata tradisional khas Papua yang sering digunakan masyarakat Papua sebagai alat pertahanan.

Dalam sambutannya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa pembangunan kedua kapal tersebut mengandung dua makna penting yang pertama merupakan bagian dari perencanaan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut sekaligus realisasi dari program prioritas pembangunan TNI Angkatan Laut yaitu modernisasi alutsista dan yang kedua pembangunan kapal di galangan dalam negeri adalah wujud dari komitmen pimpinan TNI Angkatan Laut untuk mendukung mensukseskan program pemerintah yaitu peningkatan penggunaan produksi dalam negeri serta kemandirian industri pertahanan.

Tni
Danlantamal V Turut Serta Dalam Acara Shipnaming KRI Kapak-625 dan KRI Panah-626

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada PT. PAL Indonesia serta semua pihak yang berkontribusi langsung maupun tidak langsung dalam pembangunan kapal ini, ucapan dan apresiasi yang sama juga saya sampaikan kepada Kementerian Pertahanan atas segenap dukungan pembangunan kekuatan Matra Laut,”Ungkap Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat menyampaikan sambutannya.

Hadir dalam acara Shipnaming KRI Kapak-625 dan KRI Panah-626 para Pejabat Utama Mabesal, Para Pimpinan Kotama TNI Angkatan Laut, Dirjen Kuathan dan Dirjen Renhan Kemhan RI beserta Ibu, Asdep Bidang Industri Manufaktur, Kementerian BUMN RI, Ketua umum Jalasenastri beserta Pengurus, Komisaris Utama PT. PAL Indonesia, Direktur Utama PT. Len Industri. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *