Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Memasuki Tahun Politik, Amanat Kasad pada Upacara Bendera 17-an Ingatkan Netralitas TNI

Gresik, BeritaJatim.Net – Upacara Bendera 17-an diselenggarakan Kodim 0817/Gresik kali ini bertindak sebagai Inspektur upacara Mayor Inf Bambang Kusharyanto dan diikuti seluruh Perwira Staf Kodim, Danramil serta Bintara Tamtama dan PNS Jajaran Kodim 0817/Gresik sebagai peserta upacara dilaksanakan di Lapangan Makodim 0817/Gresik, Jln. R.A. Kartini No. 33, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Rabu (17/5/2023).

Pada pelaksanaan upacara bendera 17-an, Inspektur upacara membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, S.E., M.M.

Dalam amanatnya, Kasad mengucapkan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS Angkatan Darat, sehingga dapat melaksanakan tugas yang diamanatkan dengan baik.

“Kita patut bersyukur, dalam pelaksanaan tugas pengamanan VVIP pada KTT ASEAN 2023 telah berlangsung dengan aman dan lancar. Kebersihan pengamanan ini juga menjadi salah satu bukti bahwa sinergi antar institusi merupakan salah satu utama dalam keberhasilan pelaksanaan tugas, yang tentu saja harus juga dilaksanakan dalam berbagai bidang yang lain. Disamping itu, kebijakan-kebijakan TNI AD untuk mendukung program pemerintah di bidang sosial kemasyarakatan juga terus dilaksanakan secara serius oleh seluruh jajaran dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”katanya.

Lanjutnya, meski banyak tugas yang berhasil diemban, namun kita juga harus mengakui bahwa masih terdapat berbagai kekurangan dan harus menjadi koreksi kita bersama serta diperbaiki agar tidak terulang di masa mendatang.

Masih amanat, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei nanti, evaluasi terhadap keberhasilan dan kekurangan dalam pelaksanaan tugas hendaknya dapat membangkitkan semangat baru untuk melakukan berbagai tugas negara dengan lebih baik.

Diakhir amanat, Kasad mengingatkan bahwa memasuki tahun politik dimana potensi ancaman terhadap kedaulatan negara dan persatuan bangsa semakin meningkat akibat polarisasi politik antar kelompok atau golongan. Oleh karena itu saya tekankan pada seluruh prajurit TNI AD sebagai alat negara untuk tetap memegang teguh komitmen netralitas dan berdiri diatas kepentingan bangsa dan negara.

“Jangan ada yang terjebak pada politik praktis, kita harus mampu memainkan peran sebagai penyejuk suasana dan menjadi katalisator serta pemersatu dari semua lapisan masyarakat.”pesan Kasad dalam amanatnya.

Selesai membacakan amanat Kasad, Inspektur upacara Mayor Inf Bambang Kusharyanto menambahkan agar seluruh prajurit bisa memahami penyampaian amanat Kasad sehingga sebagai pedoman dalam menjalankan tugas.

“Saya berpesan kepada seluruh prajurit dan PNS agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Begitu juga harus bisa selalu berada ditengah-tengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi.”pungkasnya. @res

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *