TNI  

Wadan Lantamal V Resmikan Kampung Bahari Nusantara di Kab. Lamongan

Lamongan, BeritaJatim.Net – Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) Kolonel Marinir Baedhowi Oktafidia mewakili Komandan Lantamal V (Danlantamal) Laksamana Pertama TNI Supardi meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Tahun 2023 di Pantai Kutang Desa Labuhan, Kab. Lamongan. Senin (15/05/2023).

Kegiatan peresmian Kampung Bahari Nusantara tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Ada sebanyak 68 Satkowil TNI AL dari seluruh Indonesia mengikuti kegiatan yang dipimpin oleh Wapres RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin tersebut melalui fasilitas video conference. Dalam kegiatan itu, Wapres didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Ses Menko marinves, Bupati kepulauan Seribu, Camat Desa Untung Jawa, Forpimda kepulauan Seribu, serta Tokoh Masyarakat.

Sedangkan Pejabat Forpimda yang hadir dalam kegiatan di Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kab. Lamongan diantaranya Aspotmar Danlantamal V, Kadispotmar Lantamal V, Sekda Kab. Lamongan, Kasdim Lamongan, Serta Unsur Forpimda lainnya.

Kampung Bahari Nusantara (KBN) merupakan program nasional yang digagas oleh Staf Potensi Maritim TNI AL sebagai salah satu wujud dari pelaksanaan tugas pokok TNI yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP), diantaranya bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dan merupakan implementasi dari sistem pertahanan rakyat semesta dengan melibatkan seluruh warga negara, pemerintah serta sumber daya nasional.

Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Supardi dalam sambutan yang disampaikan Wadan Lantamal V mengatakan bahwa di bentuknya Kampung Bahari Nusantara (KBN) Binaan Lantamal V yang berada di Wilayah Pantai Kutang Desa Labuhan ini mempertimbangkan beberapa hal meliputi klaster pertahanan, klaster ekonomi, klaster pendidikan, klaster kesehatan dan klaster pariwisata.

Menurutnya adanya Kampung Bahari Nusantara di Pantai Kutang ini diharapkan Masyarakat yang berada didaerah sekitar Kampung Bahari Nusantara dapat meningkat dari sisi ekonomi, pariwisata, pendidikan, kesehatan dan khususnya menjadi salah satu daerah pertahanan negara. @red

https://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *