Dukung Visi Pemerintah 2045, Dankodiklatal Hadiri Rakor Renaku I TNI AL Tahun 2023

Surabaya, BeritaJatim.Net – Dalam rangka mendukung visi pemerintah 2045, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono menghadiri Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan (Rakor Renaku) I TNI AL tahun 2023 secara langsung dengan pimpinan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, bertempat di Wisma Perwira Puspenerbal, Juanda Sidoarjo. Selasa (16/05/2023).

Sementara itu, di tempat terpisah Dirum Kodiklatal Laksma TNI Gatot Hariyanto, Dankodikdukum Laksma TNI Budi Raharjo, serta Dankodikmar Brigjen TNI Marinir Muhammad Nadir mengikuti kegiatan tersebut secara Video Conference (Vicon) dari Ruang Rapat Ditdik Kodiklatal.

Dalam amanatnya Kasal dihadapan para Petinggi TNI AL mengatakan bahwa kegiatan Renaku I TNI AL ini bertepatan dengan kegiatan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menghadiri acara bertajuk “Indonesia Emas 2045,” dimana akan diluncurkan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 yang mengusung visi Indonesia 2045 yaitu “Negara Maritim Yang Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan.”

“Visi tersebut menyiratkan tantangan besar, sekaligus harapan untuk mewujudkan cita-cita kita membangun kekuatan angkatan laut yang berdaya gentar tinggi serta disegani di kawasan dan dunia. Untuk itu, saya berharap, perencanaan tahun 2024 ini, dapat menjadi pondasi yang kuat, sebelum kita melangkah pada pembangunan postur kekuatan TNI Angkatan Laut 2025-2044, guna mendukung visi Indonesia Emas 2045,” ujar Laksamana Muhammad Ali.

Tni
Dukung Visi Pemerintah 2045, Dankodiklatal Hadiri Rakor Renaku I TNI AL Tahun 2023

Kasal berharap forum ini harus benar-benar dimaksimalkan sebagai media sinkronisasi bagi seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk merencanakan program kerja beserta dukungan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 secara sinergis dan tepat sasaran. “Saat ini, kita telah memasuki tahapan penyusunan rancangan rencana kerja dimana secara paralel kita juga menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA) dengan mengacu pada pagu indikatif tahun 2024,” tutur orang nomor satu di TNI AL tersebut.

Lebih jauh Laksamana Muhammad Ali juga menetapkan empat strategi pembangunan TNI AL sebagai pedoman perencanaan di Tahun Anggaran 2024 yakni Mewujudkan personel TNI Angkatan Laut yang tangguh dan profesional, Mewujudkan tingkat kesiapan dan kesiagaan operasi yang tinggi, Melaksanakan gelar operasi yang efektif dan efisien, didukung oleh sistem logistik yang handal, Meningkatkan pemanfaatan teknologi yang tepat guna dan berdaya guna.

“Dengan adanya sinergi antara kebijakan perencanaan dan kebijakan penggunaan anggaran TNI Angkatan Laut, diharapkan program kerja pada tahun 2024 dapat terlaksana dengan efektif dan memberikan outcome yang maksimal,” pungkas Kasal.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *