Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Ukur Kemampuan Fisik Jasmani, Personel Kodim Surabaya Utara dan Jajaran Ikuti Garjas Periodik

Surabaya, BeritaJatim.Net – Guna mengukur kemampuan kesegaran jasmani setiap personel, Kodim 0830/Surabaya Utara dan Jajarannya ikuti pelaksanaan kesegaran jasmani periodik yang di gelar oleh Tim Jasmani Korem di Lapangan Makorem 084/Bhaskara Jaya Jl. A. Yani No. 1 Wonocolo, Jumat (12/5/23) pagi.

Pelaksanaan yang diawali dengan pengecekan Kesehatan mulai dari tensi darah dan denyut nadi, timbang berat badan dan dilanjutkan dengan peregangan guna menghindari cidera, setelah itu baru dilaksanakan kesegaran jasmani periodik.

Pasi Pers Kodim 0830/Surabaya Utara Mayor Caj Eko Alrianto menyampaikan, tes Garjas Periodik ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh Personel yang dilakukan dua kali dalam setahun.

Lanjutnya, “Dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik dan sekaIigus untuk mengukur kemampuan fisik para Personel Kodim 0830/Surabaya Utara,” tuturnya.

Ia juga menambahkan agar tetap memperhatikan faktor keamanan personel, bahwa untuk pelaksanaan Garjas untuk tidak memaksakan kemampuan individu yang dapat berakibat fatal, apabila ada anggota yang sakit diharuskan untuk melaporkan tentang kondisinya karena fisik dan kemampuan yang mengetahui hanya diri kita sendiri.

Tni
Ukur Kemampuan Fisik Jasmani, Personel Kodim Surabaya Utara dan Jajaran Ikuti Garjas Periodik

“Jadi mari kita laksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat dan tanggung jawab, kita berharap dalam pelaksanaan Garjas tidak ada yang mengalami cedera dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan sampai dengan kegiatan selesai,” ucapnya.

Kegiatan Garjas tersebut meliputi Tes Kesegaran “A” yaitu melaksanakan Lari Dengan Waktu 12 Menit dan Tes Kesegaran “B” meliputi gerakan Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan Shuttle Run kemudian di akhiri dengan ketangkasan renang jarak 50 meter.

Sebelum pelaksanaan Tes Garjas, seluruh Personel melaksanakan pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan dengan dilakukan pengukuran tensi dan denyut nadi serta postur (tinggi dan berat badan) selain itu Tim Kesehatan juga menyiapkan dukungan kendaraan ambulance untuk antisipasi dan evakuasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, memberikan pertolongan pertama untuk mempermudah jalannya evakuasi bila sewaktu-waktu diperlukan, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *