Sidoarjo, BeritaJatim.Net – Pemkab Sidoarjo optimis kuota program Kelompok usaha perempuan (Kurma) tahun 2023 mencapai target 2.400 kelompok. Menggunakan mekanisme pendaftaran dengan sistem online lewat aplikasi Sipraja diharapkan para pelaku usaha perempuan lebih dimudahkan dalam mendaftarkan usahanya.

Pj. Sekda Pemkab Sidoarjo, Andjar Surjadianto mengatakan, sosialisasi terus dilakukan salah satunya lewat kecamatan dan desa. Disamping mengoptimalkan sosialisasi, kecamatan diminta menggandeng pemerintah desa untuk memaksimalkan pendataan para pelaku usaha perempuan yang ada di tiap desa.

“Masing-masing kecamatan menggandeng perangkat desa untuk menjaring 7 kelompok setiap desa. Hal ini agar tecapai target Kurma 2023 sebanyak 2.400 kelompok Usaha Perempuan Mandiri,” ujarnya saat memimpin rapat evaluasi progres program Kurma di kantor Pemkab Sidoarjo. Kamis (11/5/2023).

Menurut Andjar, peluang pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) perempuan untuk bergabung dan mendapat program Kelompok Usaha Perempuan Mandiri (Kurma) 2023 masih terbuka lebar.

“Masih banyak peluang sejak program Kurma dibuka pendaftarannya mulai 10 April hingga nanti ditutup 9 Juni 2023,” katanya.

Pihaknya mengatakan, masih terbukanya peluang tersebut mengingat belum maksimalnya sosialisasi dalam menjaring pelaku UMKM yang mengikuti program Kurma 2023 di tingkat Kecamatan.

Mohamad Edi Kurniadi selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo mengatakan saat ini masih tercatat sebanyak 444 kelompok yang medaftar di tiap desa di Kecamatan se-Sidoarjo dari target sebanyak 2.400 kelompok di tahun 2023.

“Jumlah tersebut masih dikatakan jauh dari target sehingga perlu kerja keras dari berbagai pihak, baik kabupaten, kecamatan, maupun tingkat desa,” katanya.

Edi optimistis target 2.400 kelompok usaha perempuan mandiri akan tercapai dengan kerja keras untuk terus mengajak pelaku UMKM yang ada di desa untuk mengikuti program Kurma 2023.

“Dalam waktu yang masih kurang dari satu bulan ini, Insya Allah cukup,” tuturnya.

Edi juga bersedia jika beberapa Kecamatan yang menginginkan sosialisasi kembali atau masih banyak bingung terkait aplikasi atau sosialisasi kepada desa-desa.

“Kami siap membantu agar masyarakat lebih banyak yang mengerti dan paham cara mendaftar program Kurma 2023 ini,” tuturnya.

Program Kurma dibuka kembali tahun ini dan pendaftarannya mulai dari tanggal 10 April 2023 hingga 9 Juni 2023 mendatang. Dengan kriteria penerima yaitu tiap kelompok beranggotakan 5 hingga 10 orang.

Pendaftar juga wajib ber-KTP Sidoarjo, tidak berstatus anggota atau istri ASN, TNI/POLRI, BUMN, BUMD yang masih aktif, kelompok usaha minimal terbentuk minimal satu bulan, dan anggota kelompok belum pernah mendapatkan KURMA di periode sebelumnya. @red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here