Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Gus Muhdlor Berharap Karang Taruna Memberikan Manfaat Kepada Masyarakat

Sidoarjo, BeritaJatim.Net – Bertemakan “Pemuda Tangguh Menuju Sidoarjo Gemilang”, proses pengukuhan Karang Taruna Kecamatan Tulangan masa khidmat 2023-2028 oleh Camat Tulangan Suprayitno yang diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Tulangan berjalan dengan lancar, Jum’at 14/04/2023.

Selain memberikan ucupan selamat kepada ketua terpilih Ahmad Yazid dan pengurus lainnya, Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor, S.IP yang hadir menyampaikan pesan agar organisasi Karang Taruna menjadi lembaga pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi Kecamatan Tulangan. Disampaikannya peran anak muda dalam pembangunan sangat dibutuhkan. Peran itu dapat ditunjukkan melalui organisasi Karang Taruna. Ia katakan negara Indonesia memiliki bonus demografi. Jumlah anak muda antara gen Z dan milenial melebihi 28% dari jumlah penduduk. Hal itu menjadi keuntungan bila dapat dikelola dengan baik.

“Presentasi antara gen Z dan milenial itu melebihi 28% yang kemudian turut aktif dalam pembangunan negara Indonesia, oleh karena itu bonus demografi menjadi sebuah keuntungan namun juga bisa jadi bencana demografi kalau kemudian anak mudanya tidak diisi kapasitasnya, tidak diisi sumber daya manusianya,”sampainya.

Oleh karenanya lanjut Gus Muhdlor sudah saatnya peran anak muda dalam mengabdi kepada negara dapat ditunjukkan.  Pengabdian kepada desa dan daerahnya harus dilakukan. Pengabdian tersebut tidak harus menunggu umur yang cukup matang. Peran pemuda di tengah kemajuan digitalisasi sekarang sudah sangat ditungguh-tungguh. Di era digital saat ini, perannya sangat strategis bila dibandingkan dengan yang lainnya.

“Di tengah kemajuan digitalisasi sekarang ini, peran pemuda lebih strategis dibanding dengan yang lainnya, oleh karenanya jangan pernah percaya bahwa segala sesuatu itu butuh pengalaman namun harus mengalami pengalaman itu sendiri,” katanya.

Gus Muhdlor menambahkan untuk menjadi seorang ketua yang baik, syaratnya tidak harus pernah menjabat organisasi apapun. Namun bisa menjalin komunikasi atau sharing dengan orang-orang yang pernah berhasil. Dengan begitu ia yakin roda organisasi dapat sukses dijalankannya. Ia juga berharap harus bisa membangun sinergi dengan semua pihak. Konsistensi dalam pembangunan harus selalu dijaga.

“Untuk jadi pemimpin yang sukses tanyakan kiat suksesnya dari para senior  sehingga roda organisasi yang berupa Karang Taruna kecamatan ini lebih optimal dimana  evaluasinya termasuk menghidupkan desa-desa di wilayah kecamatan,”ujarnya.

Dikatakannya politik partisipatif juga menjadi kunci dalam sebuah pembangunan. Hal seperti itu hendaknya dapat dibangun Karang Taruna.  Bagaimana kemudian menggerakkan semua elemen untuk bersatu padu pada tujuan yang sama yakni mensukseskan negara.

“Jika  semua organisasi  Karang Taruna di desa ini hidup, yang berhasil bukan panjenengan saja tapi semuanya akan merasakan impactnya, selain itu Karang Taruna juga harus  bisa membawa dampak yang baik, jangan sampai anak-anak muda melakukan hal-hal yang negatif,”ujarnya.

Pemkab sidoarjo
Gus Muhdlor Berharap Karang Taruna Memberikan Manfaat Kepada Masyarakat

Sementara itu Camat Tulangan Suprayitno mengucapkan terima kasih kepada bupati Sidoarjo atas kehadirannya pada pengukuhan Karang Taruna Kecamatan Tulangan periode 2023-2028 kali ini. Ia berharap kehadiran bupati menjadi semangat rekan-rekan Karang Taruna Kecamatan Tulangan untuk bisa membawa semarak pembangunan. Ia juga berharapkan sahabat-sahabat Karang Taruna bisa bersinergi dengan pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten dalam pencapaian tujuan-tujuan pembangunan Kabupaten Sidoarjo. 17 program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo hendaknya dapat ikut diwujudkan Karang Taruna.

“Ada banyak lahan untuk mengabdi rekan-rekan sekalian dalam mewujudkan karya atau dharma bhakti Karang Taruna dalam pembangunan di Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

@red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *