Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Babinsa Berhasil Membujuk Warga ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) untuk Mendapatkan Pelayanan Kesehatan

Gresik, Berita Jatim.Net – Mufti Arifudin (52) ODGJ warga binaan Sertu Untung Babinsa Bulurejo Koramil 0817/10 Benjeng yang bertempat di Dusun Rayung RT 10 RW 03 Ds. Bulurejo telah berhasil dirujuk ke RSJ Menur Surabaya untuk mendapatkan perawatan. Minggu(9/4/2023).

Menurut keterangan keluarga yang disampaikan Kades Bulurejo Bpk. Iwan Sofya S.Sos, sebelumnya saudara Mufti arifudin sudah pernah di rawat di RSJ Menur Surabaya dan sekarang mulai kambuh-kambuhan. Apabila mulai parah sering keluar rumah dengan membawa benda-benda seadanya sehingga meresahkan warga sekitar sehingga menjadi was-was maupun ketakutan.

“Mendapat kabar dari warga, saya langsung menghubungi bidan desa Bu. Elisa dan pak untung sebagai Babinsa Bulurejo untuk meluncur ke rumah Sdr Mufti arifudin/warga ODGJ karena sakit jiwanya kambuh lagi sampai meresahkan warga. Dari pihak keluarga juga berpesan minta tolong agar dibujuk biar bisa di rujuk lagi ke RSJ Menur untuk mendapatkan perawatan,”terang Kades Bulurejo.

“Dan Alhamdulillah bisa cepat diatasi berkat cara pak Babinsa membujuk hingga Sdr Mufti mau dibujuk dan dibawa ke RSJ Menur Surabaya,”sebutnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pak Babinsa dan bidan desa walaupun hari libur apalagi bulan puasa dapat selalu siap untuk membantu menyelesaikan permasalahan di desa apalagi mengatasi ODGJ yang tidak semudah seperti mengatasi masalah warga yang sehat.”ucap Kades Bulurejo Bpk. Iwan Sofya S.Sos.

Kodim gresik
Babinsa Berhasil Membujuk Warga ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) untuk Mendapatkan Pelayanan Kesehatan

Sementara itu, Babinsa Sertu Untung mengatakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan permasalahan yang kompleks sehingga memerlukan penanganan yang tepat. Perspektif bahwa ODGJ adalah “orang gila” harus dihilangkan, isolasi dan perilaku lainnya seperti pemasungan dan penelantaran turut memperburuk kondisi ODGJ.

“Untuk mewujudkan kesehatan jiwa ODGJ yang optimal diperlukan upaya, kesabaran, dan perhatian yang penuh. Semoga dengan upaya membawa ke RSJ warga ODGJ mendapatkan penanganan yang tepat sehingga dapat berfungsi kembali secara wajar dan bisa kembali lagi di lingkungan keluarga dan masyarakat.”pungkasnya.

@red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *