Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

57 Perwira TNI AL Tuntaskan Dikmatra 1 dan Dikaplikasi 1 di Kodiklatal

Surabaya, Berita Jatim.Net – Sebanyak 57 Perwira TNI Angkatan Laut (TNI AL) berhasil menuntaskan
program Pendidikan Matra 1 (Dikmatra 1), dan Pendidikan Aplikasi 1 (Dikaplikasi 1) TA 2023 di Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal).

Penutupan pendidikan lanjutan strata Perwira tersebut dipimpin langsung Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Laksamana Pertama TNI Sigit Santoso di Gedung Betelgeuse Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Kamis, (06/04/2023).

Penutupan pendidikan tersebut diikuti 57 prajurit dengan rincian yakni, 51 orang siswa Dikmatra-1 dan 6 orang siswa Dikaplikasi-1. Tampak hadir dalam penutupan ini yaitu para pejabat jajaran Kodikopsla Kodiklatal.

Dalam sambutannya, Dankodikopsla menyampaikan bahwa Pendidikan Dikmatra-1 merupakan pendidikan setara Dikspespa TNI AL bagi perwira yang sebelumnya telah mengikuti pendidikan militer setingkat Dikspespa di luar TNI AL baik di dalam maupun di luar negeri, sedangkan Pendidikan Aplikasi – 1 merupakan pendidikan setara Dikspespa TNI AL bagi perwira yang sebelumnya telah mengikuti pendidikan S-1 di Perguruan Tinggi baik di dalam maupun luar negeri sesuai dengan kebijakan TNI AL.

“Pendidikan ini telah dilaksanakan di Sefung Pusdiklapa, yang diikuti 57 perwira berbagai Korps dan dinyatakan lulus 100%. Adapaun tujuannya mendidik dan membekali perwira TNI AL menjadi prajurit pejuang Sapta Marga yang profesional matra laut yang akan bertugas sebagai Kadiv di KRI, Komandan Kompi di Batalyon Marinir, Kaur di Mabesal serta jabatan setingkat di organisasi TNI AL,” kata Laksma Sigit.

Lebih jauh dikatakan guna tercapainya pendidikan tersebut, selama 2 bulan para perwira telah dibekali ilmu dan ketrampilan seperti dasar peperangan laut, kesenjataan dan administrasi umum yang didukung Latihan Praktek (Lattek) di KRI maupun Lattek tentang administrasi umum TNI AL.

Tni al
57 Perwira TNI AL Tuntaskan Dikmatra 1 dan Dikaplikasi 1 di Kodiklatal

“Penutupan pendidikan ini merupakan langkah awal para perwira menuju medan pengabdian yang sebenarnya. Menapaki profesi ke depan yang panjang dengan penuh dinamika dan syarat tantangan. Dengan berbekal ilmu dan ketrampilan yang telah didapat selama ini, saya berharap nantinya para perwira dapat mengaplikasikan secara optimal di tempat penugasan masing-masing, selesaikanlah tugas dan kepercayaan yang telah diamanahkan dengan penuh tanggung jawab, tulus, ikhlas dan tuntas,” ungkap Dankodikopsla menutup amanatnya.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

@red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *