Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Tingkatkan Wawasan Strategi Pertahanan Laut, Pasis Diklapa Angkatan 32 Lattek Seminar Kamla dan Seminar Logistik

 

Surabaya, Berita Jatim. Net – Guna meningkatkan wawasan dan kemampuan di bidang strategi pertahanan laut maupun dukungan logistik, para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 32 TA.2023, menggelar Latihan Praktek (Lattek) Seminar Keamanan Laut (Kamla) dan Seminar Logistik, bertempat di Gedung Betelguese Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), Bumimoro, Surabaya. Senin, (03/04/2023).

Kegiatan Lattek menurut rencana akan berlangsung selama empat hari, dan dalam Seminar Kamla mengusung tema, “Konsepsi Penggunaan Network Centric di Lanal Balikpapan Guna Mengamankan Jalur di Perhubungan Laut Kalimantan Timur dalam rangka Mendukung Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN)”. Sementara tema Lattek Seminar Logistik adalah “Optimalisasi Lanal Balikpapan Guna Mewujudkan Network Centric Dalam Rangka Mendukung Keamanan Jalur Perhubungan Laut Pembangunan IKN.”

Kegiatan Seminar Kamla dan Logistik yang diikuti 33 Pasis Diklapa meliputi TNI AL : 25 orang, TNI AD : 4 orang dan TNI AU : 4 orang, secara resmi dibuka Komandan Pusdiklapa Kolonel Laut (P) Ari Krisdiyanto mewakili Komandan Kodikopsla Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Sigit Santoso. Kegiatan seminar tersebut menghadirkan para Narasumber seperti Asintel, Asops, Aslog Pangkoarmada II dan Kapuskodal Koarmada II, serta undangan lainnya.

Dalam sambutan Dankodikopsla yang dibacakan Komandan Pusdiklapa menyampaikan bahwa, sampai dengan saat ini Pasis masih melaksanakan kegiatan Pendidikan di Tahap I (Gabungan) yang akan berakhir 3 minggu ke depan. Lattek seminar ini merupakan rangkaian kegiatan akhir pelaksanaan pendidikan tahap I Diklapa, sebelum melaksanakan Lattek Olah Yudha (OYU) Operasi Keamanan Laut (Opskamla), dimana kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 3 sampai dengan 6 April 2023.

Menurut Dankodikopsla tujuan kegiatan Lattek Seminar ini adalah untuk melatih para perwira siswa dalam merumuskan pokok-pokok masalah, merumuskan pemecahan masalah, menyatukan persepsi yang berkaitan dengan tema tersebut, agar dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil pembahasan yang telah disepakati bersama. Sehingga kegiatan ini diharapkan para Pasis memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana menyelenggarakan seminar serta melatih untuk menyatakan pendapat yang didasari dengan pemikiran yang logis, argumentasi kuat dan bertanggung jawab.
Dankodikopsla juga menyampaikan beberapa perhatian yakni agar para Pasis melaksanakan Lattek ini dengan penuh tanggung jawab, membina kerjasama yang baik antar peserta seminar, mencari referensi yang akurat dan pemecahan masalah yang tepat, menjaga kesehatan selama Lattek dan mengusahakan hasil seminar relevan dengan masalah aktual saat ini. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *