Habib Hadi Harap Pemprov Jatim Dukung Usulan Pemda

Probolinggo, Berita Jatim. Net – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Probolinggo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau Musrenbang RKPD Tahun 2024, Selasa (28/3) pagi di Puri Manggala Bhakti.

Acara itu dihadiri Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, Ketua DPRD Abdul Mujib dan Sekda drg. Ninik Ira Wibawati. Musrenbang diikuti oleh asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Forum CSR Kota Probolinggo.

Mengawali pembacaan paparan, Kepala Bappeda Litbang Tartib Goenawan mengatakan bahwa tahun depan merupakan tahun yang cukup strategis. Tahun 2024 merupakan tahun akhir pelaksanaan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

“RKPD ini menjadi instrumen evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah Kota Probolinggo dan menjadi tolak ukur keberhasilan pembangunan dalam periode RPJMD 2019-2024,” terang Tartib.

Diungkapkan kembali oleh Tartib, visi kepemimpinan Wali Kota Probolinggo adalah Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo yang Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman dan Berkelanjutan. Dengan empat misi utama yakni pembangunan di bidang ekonomi, sosial, infrastruktur dan tata kelola pemerintahan. Adapun tema RKPD Tahun 2024 adalah Pemantapan Transformasi Ekonomi Inklusif yang Mendukung Stabilitas Daerah.

Pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Jatim Mohammad Yasin memberikan apresiasi kepada Pemkot Probolinggo. “Apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya kepada Kota Probolinggo, karena telah berhasil melaksanakan tahapan proses penyusunan perencanaan pembangunan hingga sampai ke musrenbang ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, tentunya ini sebuah prestasi karena sebagaimana ketentuan Permendagri 86,” katanya.

Sementara itu datang mewakili DPRD Kota Probolinggo dalam menyampaikan usulan pokok pikiran, Ketua DPRD Abdul Mujib menegaskan komitmen anggota dewan untuk bersinergi bersama eksekutif membangun Kota Probolinggo. “Tidak ada alasan apapun untuk kita tidak bersinergi dengan eksekutif, kita bagaikan dua sisi mata uang adalah menjadi satu kesatuan dan terus harus saling bersinergi, untuk menjadi bekal pemikiran kita dalam membangun Kota Probolinggo,” terang Abdul Mujib.

Dalam musrenbang juga dilaksanakan penandatanganan berita acara oleh perwakilan peserta musrebang. Diantaranya Ketua DPRD, Kepala Bappeda Litbang, Kepala BPPKAD, Kepala DKUKMP, Kepala Bakesbangpol, Kepala Dinsos P3A, perwakilan TP PKK, perwakilan kelompok Disabilitas, DPD LPM dan Forum CSR serta Wali Kota Habib Hadi.

Pada forum musrenbang yang dihadiri Kepala Bappeda Pemprov Jatim itu, Habib Hadi mengutarakan harapannya kepada Pemprov Jatim agar ikut mendukung pembangunan Kota Probolinggo. Khususnya pada dukungan anggaran dengan klasifikasi yang jelas.

“Harapan saya kepada Provinsi Jawa Timur khususnya, di dalam memberikan suatu dorongan kepada daerah, yang mana dorongan itu bukan dorongan semangat, tapi tentunya ada suatu ruang di dalam arti support anggaran dari provinsi yang mana klasifikasinya harus jelas,” harap wali kota.

Beberapa usulan yang diharapkan oleh wali kota bisa mendapat dukungan dari Pemprov Jatim diantaranya pembangunan puspa agro di wilayah selatan untuk mendongkrak perekonomian. Selanjutnya, usulan normalisasi Sungai Legundi dan Dam Kelep untuk mengurangi rIsiko banjir saat musim hujan, pembangunan rest area / pujasera di kawasan terminal bus untuk mendukung program OPOP (One Pesantren One Product) serta usulan pengembangan Pantai Permata untuk destinasi wisata.

Masih menurut Habib Hadi, memasuki tahun politik, wali kota juga berpesan kepada jajaran pimpinan di bawahnya agar rencana prioritas pembangunan pemerintah daerah tetap berjalan “Di tahun 2024 memang sudah masuk dalam situasi tahun politik, jangan sampai apa yang sudah kita rencanakan sekarang terpengaruh oleh situasi dan kondisi,” pesan wali kota. @red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *