Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

BPJS Kesehatan Sidoarjo Genjot Keaktifan Peserta JKN

Sidoarjo – Untuk mewujudkan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) yang nyata, BPJS Kesehatan Sidoarjo akan menggenjotnya lewat keaktifan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, Yessy Novita mengatakan, pihaknya akan terus menambah jumlah peserta JKN-KIS agar layanan kesehatan bisa dirasakan oleh lebih banyak anggota masyarakat.

Ia jelaskan, saat ini sebanyak 71,08 persen dari 1.936.470 orang penduduk Kabupaten Sidoarjo telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS itu itu kita lakukan telekolekting. Misalnya ada yang lupa atau terlambat membayar iuran, itu kita ingatkan. Tujuannya agar angka UHC itu benar-benar nyata,” jelas Yessy.
Dengan Pemkab Sidoarjo, BPJS Kesehatan juga terus menambah jumlah peserta dari calon peserta kategori Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBID).

Kata Yessy, untuk meningkatkan angka UHC Sidoarjo dari 71,08 persen menjadi 75 persen setidaknya butuh tambahan 100.000 orang peserta JKN-KIS baru.

Menurut catatan BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, Pemkab Sidoarjo sudah pernah mendaftarkan 299.104 orang peserta kategori PBID. Dari jumlah itu, sebanyak 66.653 orang atau 22,58 persen yang aktif.
“Mendorong peserta JKN-KIS agar terus aktif itu penting bagi masyarakat untuk bisa mengakses layanan kesehatan,” tutur Yessy.

Sekali lagi Yessy Novita mengingatkan agar peserta JKN-KIS senantiasa memastikan agar kartu keanggotaan terus aktif. “Tujuannya agar setiap kali butuh layanan fasilitas kesehatan, masyarakat dapat mendapatkan layanan yang disediakan,” katanya.

@red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *