Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Perhutani Divre Jatim Gelar Rapat Koordinasi Karhutla bersama Pemerintah Provinsi Jatim

Surabaya – Perum Perhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Timur (Jatim) menggelar Rapat Koordinasi Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama lembaga terkait Tingkat I di antaranya Pemerintah Provinsi Jatim, Dinas Kehutanan (Dishut), Dinas Perkebunan (Disbun), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta lembaga keamanan TNI/Polri dan masyarakat, yang diselenggarakan di Ruang Tectona Graha Perhutani Divre Jatim, Selasa (14/03).

Kadivre Jatim Amas Wijaya menyatakan, bahwa Rapat Koordinasi dalam rangka mitigasi bencana atau Early Warning System sebelum atau sesudah BMKG menyampaikan laporannya. “Kita harus antisipasi dari awal,” katanya.

Memasuki medio Maret ini Amas Wijaya mengingatkan untuk tetap waspada karena sebentar lagi akan menghadapi musim kemarau.

“Akan tetapi mudah-mudahan dengan persiapan lebih dini akan meminimalkan adanya ancaman mitigasi resiko terjadinya kebakaran hutan dapat kita minimalisir. Dan pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih atas

Perhutani jatim
Perhutani Divre Jatim Gelar Rapat Koordinasi Karhutla bersama Pemerintah Provinsi Jatim

kehadiran semua pihak yang terlibat dalam Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Jatim,” katanya.

Sementara itu, Sekdaprov Jatim Adi Karyono selaku Ketua Satuan Tugas Pengawasan Kebakaran Hutan dan Lahan mengatakan, bahwa kebakaran hutan yang terjadi lebih disebabkan oleh faktor manusia.

Dari tahun ke tahun memang kebakaran hutan trend angkanya ada kecenderungan menurun, namun ia mengingatkan untuk tetap waspada karena dalam waktu dekat akan ada peralihan musim, dari hujan menuju kemarau, katanya.

“Jika kebakaran itu terjadi, kata Adi Karyono, akan memberikan tekanan kepada daerah karena bencana kebakaran itu dalam perhatian Bapak Presiden. Jangan sampai kebakaran hutan ini mengganggu stabilitas nasional. Untuk itu tugas kita untuk melakukan pencegahan dan memberikan penyadaran kepada masyarakat. Dengan memberikan pemahaman mengenai betapa pentingnya menjaga kelestarian hutan,” katanya.

Sebagai konsekuensi terhadap bidang tugasnya selaku Ketua Satgas Andi Karyono pun tak segan-segan turun bersama guna melakukan patroli gabungan bersama, sebagaimana yang diinstruksikan oleh Kementerian LHK, bila memang kondisinya memaksa dan memerlukan, katanya lagi.

Ia pun siap, bersama Kadivre Jatim dan pihak-pihak terkait lainnya untuk turun langsung ke lapangan, guna melakukan pencegahan dan penanggulangan terjadinya kebakaran hutan.@red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *